Karbohidrat dan Lemak

 KARBOHIDRAT DAN LEMAK

A.       Pengertian Karbohidrat

Kata Karbohidrat atau yang sering disebut dengan hidrat arang ialah suatu zat penghasil kalori dengan angka kalori 4. Karbohidrat ialah suatu zat makanan yang mengandung unsur C (Karbon), H (Hidrogen), dan O (Oksigen).

Karbohidrat dipecah menjadi suatu molekul gula yang lebih sederhana seperti glukosa, fruktosa, dan galaktosa pada suatu sistem pencernaan. Molekul gula inilah yang diserap oleh tubuh. Kelebihan karbohidrat akan disimpan di dalam organ hati atau otot dalam membentuk glikogen dan di daerah perut, sekeliling ginjal, atau di bawah kulit dalam bentuk lemak. Makanan yang sebagai sumber energi karbohidrat yaitu nasi, gandum, jagung, singkong, sagu, kentang, roti, dan ubi-ubian.

A. Pengertian Lemak

Lemak merupakan suatu senyawa kimia tidak larut air yang disusun oleh unsur Karbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O). Lemak bersifat hidrofobik (tidak larut dalam air), untuk melarutkan lemak dibutuhkan pelarut khusus seperti eter, klorofom dan benzen.

Lemak ini juga biasan disebut dengan Lipid. Bobot energi yang dihasilkan lemak 2 ¼ kali lebih besar dibandingkan karbohidrat dan protein. 1 gram lemak dapat menghasilkan 9 kalori. Selama proses pencernaan lemak akan dipecah menjadi asam lemak dan gliserol agar bisa diserap oleh organ pencernaan lalu dibawa ke organ yang membutuhkannya.

Selengkapnya dapat dilihat pada link berikut.

Karbohidrat dan Lemak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Suhu dan Kalor

Gaya Usaha Energi