Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja dan Alat Pelindung Diri
MATERI RINGKAS
SANITASI DAN HIGIENE
MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN KERJA
A.
Pengertian Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja
Kesehatan
lingkungan kerja adalah kondisi yang memperlihatkan keadaan dan situasi di
tempat bekerja kerja secara fisik bersih aman, dan nyaman. Ketiga kondisi ini
akan membuat perasaan senang untuk bekerja di tempat tersebut. Tidak ada
sampah, debu, kotoran, serangga, dan yang lain. Kesehatan lingkungan kerja yang
terjaga, akan berdampak positif bagi karyawan dan perusahaan. Ketika karyawan
bekerja di lingkungan kerja yang sehat, ia akan mampu bekerja secara optimal
dan maksimal. Berbeda ketika kesehatan lingkungan kerja tidak terjaga, sehingga
dapat menghasilkan penyakit menular (pathogen).
Dengan
demikian menjaga kebersihan lingkungan kerja diartikan sebagai upaya untuk
mempertahankan kondisi lingkungan kerja secara fisika agar selalu bersih, aman,
dan nyaman. Atau juga dapat disebut sebagai upaya pengawasan terhadap semua
faktor yang ada dalam lingkungan fisik yang memberi pengaruh atau kemungkinan
berpengaruh terhadap kesehatan fisik, mental, dan sosial (WHO).
Selengkapnya dapat di download di: MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN KERJA
Alat Pelindung Diri dan K3 di Dapur
Salah satu tujuan keselamatan kerja menurut Undang-undang No. 1 tahun 1970 pasal b, yakni : “Mencegah, mengurangi, dan memadamkan kebakaran. Berkaitan dengan sistem proteksi dan pencegahan kebakaran (fire protection systems) dalam rancang bangun,operasi, dan penggunaan sarana, pabrik, bangunan, dan fasilitas lainnya.” Dapat dijelaskan bahwa sebagai karyawan diwajibkan mendapatkan suatu sistem perlindungan hukum dari perusahaan tempatnya bekerja untuk menjaga kondisi dan keselamatan karyawan itu sendiri saat operasional kerja berlangsung, yang mencakup keamanan dari ruang kerja, bangunan, peralatan, serta fasilitas- fasilitas lainnya.
Selengkapnya dapat di doownload di: ALAT PELINDUNG DIRI
Selamat Belajar
Komentar
Posting Komentar